Ikut Pesantren Networkers

Kali ini, ane mau sedikit cerita pengalaman ikut pesantren networkers. Sebelumnya kenalan dulu ya… Nama ane Muhammad Taufik, panggil aja Taufik.

Oke lanjut lagi ceritanya…

Seperti slogannya, tujuan program ini untuk melahirkan jagoan IT yang pinter ngaji. Program ini diadakan oleh ID-Networkers diperuntukkan untuk lulusan SMK dan sepenuhnya gratis. Info selengkapnya buka aja web IDNfoundation.

Selain pesantren networkers, ada satu program lagi yaitu SMK IDN yang diperuntukkan bagi siswa SMK yang magang. Magangnya bukan magang kerja, tapi magang belajar soalnya tujuannya agar ketika kembali ke sekolah masing-masing bisa menyebarkan ilmunya. Disini kita dilatih menjadi seorang trainer. Belajar konsep, teori dan lab. Nantinya kita juga akan diberi kesempatan untuk ngajar di kantor ID-Networkers di Slipi, Jakarta.

Untuk Pesantren Netwokers sendiri paling tidak dapet sertifikasi MTCNA, MTCRE dan MTCINE dan untuk SMK IDN dapet MTCNA dan MTCRE. Tapi semuanya dipelajari termasuk cisco dan juniper, walau gak dapet sertifikasinya (hehehe… soalnya mahal) tapi dapet ilmunya dari CCNA, CCNP bahkan CCIE. Sip kan?

Ane sendiri ikut pesantren networkers angkatan ke-6. Sedang SMK IDN baru pertama kali dimulai sama pak dedi. Oiya pak dedi ini yang ngurus kita selama disini. Beliau foundernya ID-Networkers.

Program pesantren networkers dan SMK IDN ini dijadiin satu, startnya mulai januari. Awalnya tempatnya di Cileungsi, dirumahnya pak dedi. Namun katanya sih karena lagi renovasi dan biar kita bener-bener belajar agama, kita dititipin di pondok pesantren Madinatul Quran, Jonggol selama 3 bulan.

Ane termasuk telat dateng, karena akhir januari baru berangkat dari Semarang. So… ketinggalan semua materi mikrotik dari MTCNA, MTCRE sama MTCINE. Si Ikhwan, temen SMK dan pesantren networkers yang seangkatan sama ane, udah pergi duluan. Ternyata ane gak langsung ke Jonggol, ditugasi pak dedi belajar CCNP dulu.

Tanggal 1 Maret 2015, ane baru dikirim ke Jonggol. Klo yang lain dianter pak dedi sampe sana, ane ditebengin bus santri yang lagi jalan-jalan ke Islamic Book Fair (IBF) di GBK. Cuz… berangkat dari Slipi ke GBK, Alhamdulillah krn hujan, dibayarin taxi sama pak Anshori, ditemenin Ikhwan sama mas Amien ke GBK. Ikhwan awalnya di Jonggol, krn diikutin proyek jadi dia pindah ke Slipi. Di GBK, ane ketemu sama mas Ali dan mas Ari, sejoli pesantren networkers angkatan sebelumnya yang selalu bersama :p, sama sebagian anak SMK IDN yg ikut ke IBF.
Oiya sebelumnya ane dpt tugas dr pk dedi buat nganalisis VPLS pake LDP sm BGP, materi tingkat dewa bagi ana yg masih newbie. Tak kira pake perangkat cisco, ternyata pake juniper dimana ane blm pernah ngonfig tu juniper. Dari habis isya’ smpe tengah mlm, lanjut bada subuh sampe sore ane failed. Sampe sekarang ane masih gemez sama yg namanya juniper. Mudah2an ada kesempatan buat belajar itu.

11045319_1106867896006249_5785927387431518619_o

Gowes ke Jonggol

Perjalanan dari Jakarta ke Jonggol bener-bener offroad. Sambil bayangin gimana nanti kehidupan di pesantren. Mana ditakut-takutin sama si Ikhwan klo disana gak boleh ngomong bahasa Indonesia, bolehnya inggris sama arab lagi. Ternyata gak sesulit itu .

Ini foto pesantrennya, sederhana but very very beautiful.

MadinatulQuran morning

MQ2 in the afternoon

MadinatulQuran morning

MQ2 in the morning

Sebelumnya kita di Madinatul Quran 1 (MQ1), namun semua berubah ketika murid2 SMP masuk. Karena gak ada tempat, kita dipindah ke MQ2. Walaupun MQ2 gk sebagus dan seindah MQ1, namun kita lebih nyaman karena di MQ1 adanya cuma anak-anak smp. Klo di MQ2 lebih rame, ada santri mulazamah (belajar langsung ke syeikh), idad lughoh (bahasa arab) sama tarbiyatul mu’alimin (sekelas sma).

Oiya di MQ2 ada syeikhnya, asli dari Yaman. Namanya Syeikh Kamal sama Syeikh Muhammad. Tapi sekarang tinggal Syeikh Kamal aja karena Syeikh Muhammad udah pulang.

Biar gak kepanjangan, ane lanjutin di artikel selanjutnya ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s